Diskominfo Labura Bongkar Tower Internet di Komplek Perkantoran Damuli

Dinas komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu Utara melalui bidang Teknologi Informasi melakukan pembongkaran tower internet yang ada di Komplek Perkantoran Damuli Kabupaten Labuhanbatu Utara tepatnya di halaman Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Utara, Jumat 2 Agustus 2019.

Pembongkaran ini didasarkan pada permohonan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Utara kepada Kepala Dinas Kominfo untuk melakukan pemindahan tower internet yang letaknya berada di halaman kantor Dinas Pertanian ke lokasi lain, sebab akan dilakukan pembangunan gedung baru yang tepat berada lokasi tower saat ini berdiri.

Permintaan Dinas Pertanian dilayangkan lewat surat permohonan kepada Kepala Dinas Kominfo yang disampaikan pada hari Selasa tanggal 30 Juli 2019. Menanggapi surat itu Kepala Dinas Kominfo Drs. Sugeng memerintahkan kepada Kepala Bidang Teknologi Informasi Endra Budi, S.Kom untuk menindaklanjuti permohonan tersebut.

Tower yang ada di Dinas Pertanian Kabupaten Labura ini merupakan tower yang digunakan untuk meletakkan radio utama yang mengarah ke kantor Dinas Kominfo di Aek Kanopan. Kemudian koneksi yang didapatkan dari radio utama ini akan disebar ke seluruh kantor Pemerintahan Kabupaten Labura yang ada di komplek perkantoran Damuli. Kantor-kantor yang dimaksud adalah kantor Dinas Pertanian, kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, kantor Dinas Ketahanan Pangan, kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah, serta kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu.

Jadi, apabila konektifitas radio yang ada di tower ini terganggu akan mengakibatkan kantor-kantor yang ada di Komplek Perkantoran Damuli ini juga menjadi terganggu. Oleh karena itu agar tidak mengganggu aktifitas pekerjaan di kantor-kantor tersebut, maka setelah dilakukan pembongkaran harus segera dilakukan pendirian kembali.

Untuk lokasi tower yang baru direncanakan akan diletakkan di samping kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Labuhanbatu Utara dimana lahan tersebut adalah juga milik Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara. (AK)