Diskominfo Tindak Lanjuti Permohonan Sarana Pemanfaatan Data Dinas Dukcapil

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu Utara melalui Bidang Teknologi Informasi menindaklanjuti permohonan koneksi jaringan untuk jalur yang akan digunakan sebagai jalur pemanfaatan data kependudukan Kabupaten Labuhanbatu Utara (Jumat, 26/07/19).

Jalur ini nantinya dimaksudkan agar aplikasi-aplikasi yang digunakan pada OPD atau pun swasta di Kabupaten Labura yang menggunakan data kependudukan misalnya NIK, Nama, Alamat, dll dapat dengan mudah memanfaatkan data Kependudukan yang ada di Dinas Dukcapil sehingga data yang digunakan pada aplikasi sama dengan yang ada di Dinas Dukcapil.

Tindak lanjut yang dilakukan adalah dengan melakukan kunjungan langsung ke Dinas Dukcapil Labura guna melakukan observasi konfigurasi dan topologi jaringan yang sudah terbangun di Dinas Dukcapil.

Dari hasil observasi yang dilakukan Dinas Kominfo langsung melakukan konfigurasi yang dibutuhkan untuk membuat jalur khusus pemanfaatan data tersebut, baik konfigurasi di sisi Dinas Dukcapil maupun konfigurasi dari sisi server yang akan memanfaatkan data tersebut.

Setelah dilakukan konfigurasi, maka langkah berikutnya adalah melakukan pengujian pemanfaatan data. Dinas Kominfo melalui Plt. Kepala Seksi Operasionalisasi Sistem Informasi dan Pengembangan Situs Web Pemerintah Daerah, Adam Kurniawan Margolang, S.Kom mengatakan bahwa untuk tahap pengujian akan dilakukan pada aplikasi SALAM LABURA.

“Untuk tahap pengujian, pemanfaatan data lewat sistem jaringan ini akan diimplementasikan pada aplikasi SALAM LABURA yang mana aplikasi SALAM LABURA ini nantinya akan mencocokkan data NIK yang dimasukkan oleh masyarakat pada aplikasi SALAM LABURA dengan data NIK yang ada di Dinas Dukcapil. Apabila NIK yang dimasukkan valid, maka masyarakat bisa melanjutkan untuk membuat laporan di aplikasi SALAM LABURA” ungkap Adam.

Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Dinas Dukcapil Labura, Susriyanti, S.Pd menyampaikan bahwa Labura adalah Kabupaten/Kota pertama di Sumut yang melakukan pemanfaatan data kependudukan secara langsung menggunakan sistem lewat jaringan.

“Saya berharap jika sistem sudah berjalan dengan baik pada aplikasi SALAM LABURA, maka pemanfaatan data ini bisa langsung diimplementasikan ke aplikasi-aplikasi lainnya dan bisa segera dilakukan launching secara resmi.” Ungkap Susriyanti.

Pada kunjungan ke Dinas Dukcapil ini selain Adam Kurniawan Margolang, S.Kom juga turut serta Salman Kalista S.Si selaku Network Engineer di Dinas kominfo Labura. Dari pihak Dinas Dukcapil selain Susriyanti, S.Pd turut mendampingi juga Hasby Wijaya, S.Kom selaku Plt. Kasi Pemanfaatan Data Dokumen Kependudukan. (AK)