Diskominfo Labura Ikuti Bimtek SIRUP Versi 2.3

Dasar Kegiatan

  1. Surat Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP) Republik Indonesia Nomor 2738/D.2.1/03/2019 Tanggal 18 Maret 2019 tentang Undangan Bimbingan Teknis Perencanaan Pengadaan dan Aplikasi SIRUP v.2.3 T.A. 2019.
  2. Surat Perintah Tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu Utara Nomor 094/993/DISKOMINFO/2019 tanggal 9 April 2019.

Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah:

  1. Mengetahui perkembangan teknologi dan aplikasi yang digunakan dalam proses pengadaan barang/jasa.
  2. Mengetahui teknis penggunaan aplikasi SIRUP versi 2.3.

Peserta Yang Mengikuti Kegiatan

Adapun peserta yang berangkat melakukan perjalanan dinas adalah Adam Kurniawan Margolang selaku Plt. Kepala Seksi Operasionalisasi Sistem Informasi dan Pengembangan Situs Web Pemerintah Daerah pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu Utara yang juga menjabat sebagai Admin Sistem LPSE Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Jadwal Dan Lokasi

Adapun jadwal dan lokasi dari kegiatan ini adalah pada tanggal 11 April 2019 di Medan.

Hasil Kegiatan

Adapun hasil dari kegiatan ini adalah sebagai berikut:

  1. Dari Kabupaten Labuhanbatu Utara turut serta personil UKPBJ yaitu Ibu Masliana Pasaribu, S.Pd dan Ibu Octha Lydia Saragih, SE
  2. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh trainer LPSE dan UKPBJ dari seluruh Kabupaten/Kota Se-Sumatera Utara.
  3. Acara dibuka oleh Bapak Ir. Sutan Suangkupon Lubis, M.Sc selaku Direktur Perencanaan, Monitoring, dan Evaluasi Pengadaan LKPP RI.
  4. Bapak Ir. Sutan Suangkupon Lubis, M.Sc juga memberikan paparan mengenai Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan Peraturan Lembaga Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Pedoman Perencanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.
  5. Aplikasi SIRUP masih memiliki masalah saat melakukan singkronisasi data dari aplikasi SIMDA, khususnya aplikasi SIMDA terbaru yaitu versi 2.7.13 sehingga membuat banyak SKPD di Kabupaten/Kota masih menggunakan mode input data SIRUP secara manual.
  6. Terdapat beberapa role pada aplikasi SIRUP versi 2.3, yaitu PPE, PA/KPA, dan Admin RUP.
  7. Proses penerbitan paket pada SIRUP adalah sebagai berikut:
    • PPK login ke SIRUP melalui aplikasi SPSE masing-masing instansi.
    • PPK mengisi data-data yang diperlukan.
    • PA/KPA melakukan verifikasi terhadap data PPK.
    • PPK membuat rencana pengadaan dan melakukan finalisasi draft.
    • PA/KPA melakukan verifikasi data rencana pengadaan yang diinputkan oleh PPK.
    • PA/KPA menerbitkan atau mengumumkan paket.
  8. Proses pelatihan mengalami kendala dikarenakan aplikasi SIRUP V.2.3 versi latihan mengalami gangguan, sehingga banyak peserta yang sulit dalam melakukan praktek langsung dalam penggunaan aplikasi SIRUP v.2.3.

Penutup

Demikian laporan kegiatan ini dibuat untuk dapat digunakan semestinya.