Kabid TI Ikuti Penilaian Potensi dan Kompetensi untuk Penyusunan Talent Pool JPT Pratama & Administrator (Talent Pool) Tahun 2019

Kepala Bidang Teknologi Informasi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu Utara mengikuti kegiatan penilaian potensi dan kompetensi JPT Pratama dan Administrator di Kantor Regional VI BKN Medan. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 20-22 Agustus 2019 di Kanreg VI BKN Medan. Hadir dalam acara pembukaan, Deputi Pembinaan Manajemen Kepegawaian (PMK) BKN Yulina Setiawati NN, Kepala Kanreg VI BKN Medan English Nainggolan, dan beberapa Asesor SDM Aparatur.

Talent pool merupakan salah satu langkah strategis yang dilakukan BKN dalam menjalankan tugasnya menyelenggarakan manajemen ASN. Hal ini terkait dengan proses penyiapan database potensi dan kompetensi JPT Pratama dan Administrator. Diharapkan melalui talent pool ini dapat diperoleh database yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Kepegawaian.

Pada kegiatan talent pool Tahun 2019 ini diikuti oleh sepuluh (10) kabupaten/kota. Kesepuluh instansi tersebut yaitu Kota Medan, Kota Sibolga, Kota Tebing Tinggi, Kota Padang Sidempuan, Kota Tanjung Balai, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Karo, dan Kabupaten Deli Serdang.

Data yang sudah terkumpul ini dapat dimanfaatkan oleh instansi untuk menyusun profil PNS sebagaimana amanat PP 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS. Dengan mengetahui profil PNS yang berbasis pada aspek potensi, kompetensi, dan kinerja pegawai, setiap instansi dapat mengetahui kekuatan SDM dari keseluruhan PNS yang ada diinstansinya, dapat dimanfaatkan dalam Manajemen Karir PNS yaitu promosi, mutasi, rotasi, pengembangan karis pegawai dan pengembangan kompetensinya.

Talent pool merupakan kegiatan dalam rangka mencari calon-calon pemimpin potensial. Hasil dari talent pool merupakan sekelompok kandidat baik dari internal maupun eksternal organisasi yang memenuhi persyaratan jabatan untuk mengisi jabatan pimpinan tinggi. Beberapa kegunaan dari talent pool ini diantaranya sebagai proses pengumpulan data JPT dan Administrator potensial, sebagai bahan database untuk dasar seleksi lebih lanjut, serta untuk pengembangan kompetensi kepemimpinan.

Pada kegiatan talent pool 2019 ini, Kabupaten Labuhanbatu Utara mengirimkan delapan belas (18) JPT Pratama dan Administrator diantaranya, Marwansyah, SH (Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan pada Sekdakab), Dra. Susi Asmarani, M.Si ( Kepala BKD), Drs. Faizal Irwan Dalimunthe, M.Si (Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah), Ahmad Sofyan, ST (Kepala Dinas Pemadam Kebakaran), Singgih Purwoto, S.Sos (Sekretaris Inspektorat), Muhammad Nur Lubis (Kabag Organisasi Sekdakab), Jhon Ferry, S.STP (Camat Na IX-X), Edi Mahpuz, S.Pd ( Sekretaris Dinas Perkim), Mulyono, ST, M.Si (Kabag Pengadaan Barang dan Jasa, Suryadi, SE (Sekretaris BKD), Mujiono, S.Pd (Sekretaris Dinas Pendidikan), Dedi Aksaris Arif, M.Pd (Sekretaris Dinas PPPA), Sumardi, S.Pd ( Kabid Kepemudaan dan Olahraga Dispora), Ardiansyah Siregar, S.STP, M.Si (Kabag Pembangunan), Suherman Siagian (Sekretaris Dinas Tenaga Kerja), Endra Budi, S.Kom (Kepala Bidang Teknologi Informasi Dinas Kominfo), Lahamuddin Munthe (Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan), Muammarsyah Rangkuti (Kepala Bidang Sarana, Prasarana dan Penyuluhan Dinas Pertanian).