Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu Utara melalui Bidang Teknologi Informasi mengikuti Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Kebijakan dan Strategi dalam pengelolaan Pusat Data dan Jaringan Informasi Intra Pemerintah di Pemerintah Daerah yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia di Aston Batam Hotel & Residense Kota Batam, (21-24/5).

Bimtek dibuka oleh Plt. Direktur Layanan APTIKA Pemerintahan Bambang Dwi Anggono, Dalam sambutannya dihadapan peserta dan undangan menyampaikan bahwa pemerintah dalam pengelolaan data dan jaringan harus mandiri sehingga terjamin keamanannya serta tidak terus menerus tergantung pada pihak lain.

Dikemukakan pula bahwa, ke depan Dinas Kominfo yang berada di daerah seiring ditetapkannya Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) akan menjadi CEO dalam penyelenggaraan sistem elektronik, sehingga teknologi informasi sesuai dengan tugas dan fungsinya akan menjadi tanggungjawab Dinas Kominfo. Ditambahkannya dalam pengelolaan teknologi informasi karena berkaitan pula dengan keamanannya diharapkan dikelola oleh ASN yang ada di daerah.

Para peserta berasal dari Dinas Kominfo Propinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia ini juga mendapatkan materi bimtek dalam pengelolaan sistem jaringan dan keamanan, Private Network Security (PNS) Box oleh nara sumber yang berasal dari Kementerian Kominfo RI.

PNS Box adalah sistem operasi berbasis UNIX yang diremasterisasi dari sistem operasi FreeBSD dengan membuang dan menambahkan fitur-fitur tertentu seperti keamanan jaringan, manajemen jaringan, web server dan lain-lain. Fungsi utamanya adalah keamanan dan manajemen jaringan.

Pada hari terakhir bimtek para peserta diajak oleh Narasumber dari Kominfo untuk mengkunjungi Pusat Data (Data Center) milik PT. Mora Telematika Indonesia di Kota Batam Jl. Citra Lautan Teduh No. 18 Tanjung Bemban, Batu Besar Kota Batam.