Tupoksi Seksi Operasionalisasi Sistem Informasi dan Pengembangan Situs Web Pemerintah Daerah

TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Bidang dalam penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, dan pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan terkait fungsi layanan infrastruktur dasar data center, disaster recovery center dan TIK, layanan pengembangan intranet dan penggunaan akses internet, layanan sistem komunikasi intra Pemerintah Kabupaten, layanan keamanan informasi e-Government di Kabupaten, layanan penyelenggaraan Government Chief Information Officer (GCIO) Pemerintah Kabupaten, pengembangan sumber daya TIK Pemerintah Kabupatena dan masyarakat, layanan nama domain dan sub domain bagi lembaga, pelayanan publik dan kegiatan Kabupaten.

RINCIAN TUGAS

  1. Menyusun rencana dan program kegiatan Seksi Operasionalisasi Sistem Informasi dan Pengembangan Situs Web Pemerintah Daerah.
  2. Menyelenggarakan layanan pengembangan dan penyelenggaraan Data Center (DC) dan Disaster Recovery Center (DRC).
  3. Layanan pengembangan dan inovasi TIK dalam implementasi e-Government.
  4. Layanan peningkatan kapasitas SDM dalam pengelolaan infrastruktur dan Teknologi Informatika, Government Cloud Computing.
  5. Layanan pengelolaan akses internet Pemerintah dan publik.
  6. Layanan filtering konten negatif.
  7. Layanan interkoneksi Jaringan Intra Pemerintah.
  8. Layanan penyediaan prasarana dan sarana komunikasi Pemerintah.
  9. Layanan bimbingan teknis dalam pemanfaatan sistem komunikasi oleh aparatur Pemerintahan.
  10. Layanan monitoring trafik elektronik.
  11. Layanan penanganan insiden keamanan informasi.
  12. Layanan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia di bidang keamanan informasi.
  13. Layanan keamanan informasi pada Sistem Elektronik Pemerintah Daerah.
  14. Pelaksanaan audit TIK.
  15. Penyelenggaraan internet sehat, kreatif, inovatif dan produktif.
  16. Melaksanakan penyusunan program kerja elayanan sistem informasi pengembangan situs web dan e-Governanceserta standarisasi aplikasi.
  17. Melaksanakan pengembangan penyelenggaraan ke pemerintahan berbasis elektronik untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.
  18. Melaksanakan perumusan, dan menetapkan standarisasi aplikasi untuk memudahkan proses kerja yang efesien dan efektif.
  19. Melaksanakan peningkatan pelayanan e-Governancedengan merata sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan Pemerintah Daerah dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi.
  20. Melaksanakan pembakuan sistem managemen dokumen elektronik, standarisasi dan sistem pengamanan infomasi untuk menjamin kelancaran dan keandalan transaksi informasi antar lembaga.
  21. Melaksanakan penyediaan informasi dan pelayanan publik secara
  22. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan Program dan Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  23. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.