Tupoksi Seksi Pengembangan Perangkat Lunak dan Aplikasi Informatika

TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Bidang dalam penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, dan pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan terkait fungsi Layanan manajemen data dan informasi e-Government, layanan pengembangan dan pengelolaan aplikasi generik, spesifik dan suplemen yang terintegrasi, integrasi layanan publik dan kepemerintahan, penyelenggaraan ekosistem TIK Smart City di Kabupaten.

RINCIAN TUGAS

  1. Menyusun rencana dan program kegiatan Seksi Pengembangan Perangkat Lunak dan Aplikasi Informatika.
  2. Menyelenggarakan penetapan standar format data dan informasi, walidata dan kebijakan.
  3. Layanan recovery data dan informasi.
  4. Layanan pengelolaan data elektronik pemerintahan dan non pemerintahan.
  5. Layanan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia dalam pemanfaatan Sistem Informasi Pemerintahan dan Sistem Informasi Publik.
  6. Layanan pengembangan aplikasi pemerintahan dan pelayanan publik yang terintegrasi.
  7. Layanan pemeliharaan aplikasi kepemerintahan dan publik.
  8. Layanan interoperabilitas.
  9. Layanan interkonektivitas layanan publik dan kepemerintahan.
  10. Layanan Pusat Application Programm Interface (API)
  11. Layanan pengembangan Business Process Re-engineering pelayanan di lingkungan pemerintahan dan non pemerintah (Stakeholder Smart City).
  12. Layanan Sistem Informasi Smart City.
  13. Layanan interaktif Pemerintah dan Masyarakat.
  14. Layanan penyediaan sarana dan sarana pengendalian Smart City.
  15. Layanan penetapan regulasi dan kebijakan terpadu implementasi e-Government 
  16. Layanan koordinasi kerja sama lintas OPD, lintas Pemerintah Daerah dan lintas Pemerintah Pusat serta non pemerintah.
  17. Layanan integrasi pengelolaan TIK dan e-Government Pemerintah Kabupaten.
  18. Layanan peningkatan kapasitas aparatur dan sertifikasi teknis bidang TIK, Layanan peningkatan kapasitas masyarakat dalam implementasi e-Government dan Smart City.
  19. Layanan implementasi e-Government dan Smart City.
  20. Promosi pemanfaatan layanan Smart City.
  21. Layanan pendaftaran nama domain dan sub domain instansi penyelenggara negara bagi kepentingan kelembagaan, pelayanan publik dan kegiatan pemerintahan, menetapkan sub domain terhadap domain yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.
  22. Layanan pengelolaan domain dan sub domain Pemerintah Kabupaten.
  23. Layanan peningkatan kapasitas aparatur dalam pengelolaan domain, portal dan website.
  24. Menetapkan dan merubah nama Pejabat Domain.
  25. Menetapkan, merubah dan menetapkan tata kelola nama domain dan sub domain.
  26. Pengumpulan bahan dalam rangka pengembangan perangkat lunak.
  27. Pelaksanaan analisis penggunaan dan perkembangan perangkat lunak.
  28. Perencanaan kebutuhan perangkat lunak dan pelaksanaan pengembangan perangkat lunak.
  29. Penyusunan kebutuhan dan konfigurasi perangkat keras, perangkat lunak, sistem dan jaringan jangka pendek dan jangka menengah.
  30. Pengkajian dan persiapan bahan persetujuan dan pencabutan izin prinsip pendirian bangunan menara telekomunikasi, galian untuk keperluan penggelaran kabel komunikasi, usaha perdagangan alat perangkat komunikasi dan instalasi penangkal petir serta instalasi genset melalui tim rekomendasi Pemerintah Daerah.
  31. Pelaksanaan pengawasan/pengendalian terhadap penyelenggaraan telekomunikasi, pelaksanaan pembangunan telekomunikasi, penyelenggaraan warung telekomunikasi, warung seluler, warung internet atau sejenisnya.
  32. Pelaksanaan koordinasi, fasilitasi dan pengawasan penyelenggaraan kegiatan pos dan telekomunikasi.
  33. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan Program dan Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  34. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.