Pada hari Senin, 27 Mei 2024, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dengan Sekretariat DPRD Kabupaten Labuhanbatu Utara menggelar rapat analisis kebutuhan pembuatan aplikasi Sistem Informasi Perjalanan Dinas (Simperdin). Rapat ini berlangsung di ruang rapat Dinas Kominfo Labura dan dihadiri oleh berbagai pihak terkait.

Peserta dari Diskominfo yang hadir dalam rapat ini adalah Adam Kurniawan Margolang, S.Kom, yang menjabat sebagai Pranata Komputer Ahli Muda, dan Eka Saputra, S.Kom, yang merupakan Analis Sistem Informasi.

Dari Sekretariat DPRD, rapat dihadiri oleh Idawati, S.Sos, Kepala Kabag Umum dan Keuangan; Muhammad Syafrizal Lubis, SE, Subkoordinator Humas dan Protokoler; Nensy Amrisyah Situmorang, SKM, Analis Layanan Umum; Desi Eriyanti, S.S.T, Penata Laporan Keuangan; serta Hoanri Dyne Pakpahan.

Aplikasi Simperdin (Sistem Informasi Perjalanan Dinas) diharapkan dapat menjadi solusi atas berbagai kendala yang selama ini dihadapi dalam proses penerbitan dan pengelolaan Surat Perintah Tugas (SPT) serta Surat Pertanggungjawaban (SPJ) perjalanan dinas.

Saat ini, pembuatan SPT masih dilakukan secara manual menggunakan Microsoft Word dan Excel, yang menyebabkan proses menjadi lambat dan sulit dikontrol. Pencatatan SPJ yang masuk ke bagian keuangan juga masih dilakukan secara manual, sehingga memperlambat pekerjaan dan berpotensi tidak akurat. Hal ini menyebabkan rendahnya tingkat pengawasan terhadap pengelolaan dokumen perjalanan dinas.

Manfaat dari aplikasi Simperdin antara lain mempercepat dan mengefisienkan proses pencatatan Surat Pertanggungjawaban Perjalanan Dinas, memudahkan petugas dalam pencatatan rekap SPJ tanpa harus menggunakan sistem manual, mempermudah pencarian data perjalanan dinas yang telah lalu jika sewaktu-waktu dibutuhkan, serta menyediakan informasi rekap biaya perjalanan dinas yang telah dikeluarkan per individu, sehingga mempermudah monitoring dan pengawasan.

Dengan adanya aplikasi Simperdin, diharapkan pengelolaan perjalanan dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara akan menjadi lebih efektif, efisien, dan transparan. Rapat ini merupakan langkah awal dalam proses pengembangan aplikasi. (AK)