Pada tanggal 16 Juli 2023 pukul 10.00 WIB, telah dilaksanakan User Acceptance Test (UAT) untuk aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pajak Daerah (SIMPATDA) di kantor pusat Bank Sumut, Medan. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Hadir dari Bapenda, Hendra Gunawan Syach SE (Kabid Pendapatan dan Penetapan), Syari Akbar Falayani NST (Staf Subbid Pendapatan Daerah dan Bagi Hasil), dan Andi Kumawan (Staf Non PNS). Sementara itu, dari Diskominfo turut hadir Timbul Jhonwilson Harianja S.STP, M.Si (Kadis Kominfo) dan Adam Kurniawan Margolang, S.Kom (Pranata Komputer Ahli Muda). Dari pihak Bank Sumut, kegiatan ini diterima oleh Bidang Teknologi Informasi.

User Acceptance Test (UAT) adalah sebuah tahapan pengujian yang dilakukan oleh pengguna akhir untuk memastikan bahwa aplikasi yang telah dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan dapat digunakan dengan baik dalam lingkungan operasional sesungguhnya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menguji aplikasi SIMPATDA agar dapat berjalan dengan baik dan siap digunakan oleh masyarakat.

Tes yang dilaksanakan dalam UAT ini meliputi pembayaran melalui beberapa channel, yaitu via ATM, mobile banking, dan teller. Seluruh tes berhasil dilaksanakan dengan sukses, menunjukkan bahwa aplikasi SIMPATDA siap untuk digunakan oleh masyarakat.

Diharapkan dari pengujian ini, aplikasi SIMPATDA dapat digunakan oleh Bapenda untuk menyediakan layanan kepada masyarakat, sehingga memudahkan pembayaran pajak (selain PBB) melalui ATM dan mobile banking. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan kenyamanan masyarakat dalam memenuhi kewajiban pajak mereka. (AK)