Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) terima kunjungan dari Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Labura guna membahas beberapa hal terkait dengan rencana kerja sama antara Diskominfo dan Dispersip serta menyampaikan rencana awal permohonan Dispersip untuk membuat aplikasi pada Rabu, 15 Juni 2022.

Dalam kunjungan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Diskominfo Labura ini, rombongan dari Dispersip diterima oleh Endra Budi, S.Kom, MM (Kabid Teknologi Informasi) dan Adam Kurniawan Margolang, S.Kom (Sub Koordinator Seksi Operasionalisasi Sistem Informasi dan Pengembangan Situs Web Pemerintah Daerah).

Adapun rencana kerjasama antara Diskominfo dan Dispersip yang akan dilaksanakan yaitu terkait dengan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI). Aplikasi SRIKANDI sendiri adalah aplikasi kearsipan dinamis yang dibuat oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan telah ditetapkan sebagai aplikasi umum berbagi pakai oleh Kementerian PAN-RB untuk mendukung pelaksanaan SPBE secara nasional.

Adam menyampaikan dan memberikan saran, agar SRIKANDI terimplementasi dengan baik, butuh persiapan yang matang. Salah satu persiapan yang harus dilakukan adalah melakukan uji coba pada Diskominfo dan Dispersip terlebih dahulu.

“Saya sarankan agar Diskominfo dan Dispersip harus sudah mulai menggunakan SRIKANDI dalam melakukan pengadministrasian arsip dinamis sehari-hari. Setelah itu, jika kita sudah mahir, maka kita bisa langsung menginformasikannya kepada OPD lain” ungkap Adam. Pihak Dispersip sendiri menyambut baik saran tersebut dan siap untuk melaksanakannya.

Kemudian, perihal berikutnya adalah Dispersip menyampaikan permohonan bantuan kepada Diskominfo untuk meng-online-kan aplikasi perpustakaan yang selama ini hanya digunakan secara offline, agar bisa diakses secara online sehingga bisa diakses dari mana saja.

Dan yang terakhir, Dispersip menyampaikan keinginan untuk dibantu dalam pembuatan aplikasi perpustakaan digital dengan koleksi buku-bukunya juga dalam bentuk digital. Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk menumbuhkan minat baca masyarakat khususnya Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Dari dua permohonan tersebut pihak Diskominfo mengatakan bahwa siap membantu dalam bentuk dukungan teknis yaitu infrastruktur server dan pembuatan aplikasi.

“Diskominfo siap membantu apapun yang terkait dengan dukungan teknis baik server atau pembuatan aplikasi demi mendukung kemajuan Kabupaten Labuhanbatu Utara” tambah Endra.

Adapun dari rombongan Dispersip diwakili oleh Handra Ria Hutauruk, SP (Kabid Kearsipan), Hasyim , SE, MM (Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudaya Kegemaran Membaca), Siti Aisah, SKM (Kabid Pengolahan, Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan), Irma Br Pasaribu, SE (Subkoordinator Pengembangan Pembudayaan Kegemaran Membaca), Rio Al Azhar, P.Si (Subkoordinator Pengembangan Koleksi Pengolahan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan), dan beberapa staf. AK