Kadis Kominfo, Drs Sugeng didampingi Sekretaris, Mashut, S.IP, Kepala Bidang TI, Endra Budi, S.Kom, MM dan Kepala Seksi Operasionalisasi Sistem Informasi dan Pengembangan Situs Web Pemerintah Daerah, Adam Kurniawan Margolang, S.Kom melakukan kunjungan ke Dinas Kominfo Kabupaten Batu Bara (Rabu, 7/7/2021).

Kunjungan ini adalah tindak lanjut dari perintah Bupati Labuhanbatu Utara yang meminta Kadis Kominfo untuk mengimplementasikan komunikasi Push To Talk dengan Handy Talkie (HT), dimana tujuan dari kunjungan ini adalah untuk mempelajari apa saja yang harus disiapkan untuk implementasi HT di Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Kabupaten Batu Bara diketahui sudah melakukan implementasi sistem komunikasi dengan menggunakan HT. Teknologi yang digunakan adalah HT dengan teknologi seluler atau PoC (Push to Talk over Cellular) dimana komunikais HT memanfaatkan jaringan seluler atau yang lebih dikenal dengan paket data.

Banyak keunggulan yang didapatkan dari penggunaan HT dengan teknologi PoC ini, 3 diantaranya adalah:

  • Tidak perlu membangun repeater jika ingin membuat jangkauan HT lebih luas karena sudah memanfaatkan BTS seluler.
  • Bisa digunakan dimana saja selagi perangkat bisa memperoleh koneksi internet baik dari WiFi atau dari paket data seluler dengan menggunakan simcard.
  • Koneksi jaringan lebih aman.

Pada kunjungan ini rombongan dari Diskominfo Labura disambut oleh Kadis Kominfo Batu Bara yaitu Andri Rahadian, A.P dan beberapa pejabat eselon III dan IV. (AK)